Yogyakarta – SMK PIRI 1 Yogyakarta terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengimplementasikan Rencana Tindak Lanjut (RTL) hasil pendampingan dan pelatihan tentang pengelolaan pembelajaran mendalam. Kegiatan ini menjadi wujud nyata sekolah dalam menyelaraskan kurikulum, strategi pembelajaran, serta evaluasi hasil belajar agar mampu menjawab kebutuhan peserta didik di era industri dan digital saat ini.
Alhamdulillah SMK PIRI 1 Yogyakarta sudah melaksanakan rangkaian kegiatan RTL pengelolaan pembelajaran mendalam diantaranya
1. IHT Pembelajaran Mendalam
2. Diklat Teknologi Digital dengan Kecerdasan Artifisial
3. Pembenahan Lapangan
4. Guru Tamu
Latar Belakang
Pelaksanaan RTL ini merupakan bagian dari tindak lanjut program peningkatan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran yang lebih bermakna, kontekstual, serta berorientasi pada student-centered learning. Guru tidak hanya berperan sebagai penyampai materi, melainkan juga sebagai fasilitator yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.
Strategi Pelaksanaan
RTL pengelolaan pembelajaran mendalam di SMK PIRI 1 Yogyakarta dilaksanakan melalui beberapa tahapan utama:
Refleksi dan Evaluasi Pembelajaran
Guru melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran yang telah berlangsung. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk memperbaiki strategi, media, dan metode yang lebih sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Perencanaan Pembelajaran Mendalam
Guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila. Fokus diarahkan pada kegiatan yang menantang peserta didik untuk menemukan, menganalisis, dan memecahkan masalah nyata.
Implementasi di Kelas
Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan project-based learning (PjBL), problem-based learning (PBL), dan inquiry learning. Peserta didik diarahkan untuk mengembangkan keterampilan vokasional sesuai kompetensi keahlian yang mereka pilih.
Pendampingan dan Supervisi Akademik
Kepala sekolah dan tim pengembang kurikulum melakukan supervisi terhadap implementasi pembelajaran mendalam, memastikan proses berjalan sesuai rencana, serta memberikan masukan untuk perbaikan berkelanjutan.
Evaluasi Hasil dan Tindak Lanjut
Hasil pembelajaran dianalisis tidak hanya dari sisi kognitif, tetapi juga sikap, keterampilan, dan kreativitas peserta didik. Hasil evaluasi menjadi acuan untuk perbaikan RPP dan strategi pembelajaran berikutnya.
Dampak Positif
Pelaksanaan RTL pengelolaan pembelajaran mendalam membawa dampak yang signifikan, antara lain:
Penutup
Dengan adanya pelaksanaan RTL ini, SMK PIRI 1 Yogyakarta berharap tercipta budaya belajar yang lebih adaptif dan kontekstual. Sekolah tidak hanya mencetak lulusan yang unggul dalam keterampilan vokasional, tetapi juga memiliki soft skills yang dibutuhkan di dunia kerja dan kehidupan masyarakat.
Copyright © 2025 SMK PIRI 1 Yogyakarta All right reserved.
Developer Website by #ARPATEAM
Copyright © 2025 SMK PIRI 1 Yogyakarta All right reserved.
Developer Website by #ARPATEAM